Experts Trader / Trader Ahli atau Pedagang Ahli

Dalam Dunia Keuangan, Experts Trader atau Pedagang Ahli merupakan suatu pihak yang melakukan perdagangan pada bursa keuangan. Dimana pihak tersebut bisa berupa perorangan, kelompok atau perusahaan. Adapun cara para pihak tersebut dalam mengambil keputusan / cara menganalisa dalam melakukan perdagangan pada bursa keuangan memiliki metode sendiri-sendiri. Secara umum metode menganalisa harga pada bursa keuangan terdiri dari
Fundamental Analisa
yaitu berdasarkan Keadaan Ekonomi suatu perusahaan, negara ataupun produk itu sendiri.
Teknikal Analisis yaitu memprediksi trend suatu harga pada bursa keuangan dengan cara mempelajari data pasar yang lampau, terutama pergerakan harga dan volume.

Dalam menganalisa perdagangan di bursa keuangan ini biasanya para pedagang ahli akan menggunakan tools atau alat bantu untuk menganalisa Fundamental dan Teknikal Analisa, dimana berupa indikator, robot trading, baik robot trading yang berupa otomatis dalam melakukan perdagangan maupun yang semi otomatis.

Mendaftar Menjadi Experts Trader !
Lihat Daftar Experts Trader

Alat Perdagangan Bursa Keuangan

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, perdagangan pada bursa keuangan pun saat ini bisa dilakukan secara online, dan dapat diakses melalui pc/laptop, tablet, smartphone. Adapun alat perdagangan yang akan kita gunakan adalah MetaTrader 4 yang dikeluarkan oleh perusahaan MetaQuotes Software Corp. Dengan menggunakan Alat perdangan ini lah pedagang ahli akan bertransaksi ke bursa keuangan dunia.

Tampilan MetaTrader 4 versi Laptop/PC

Membaca Statistik Portofolio Pedagang Ahli / Experts Trader

Di sistem auto signal / copy trade ini yang menjadi dasar utama adalah statistik portofolio. Dengan adanya statistik portofolio kita dapat melihat bagaimana sistem atau strategi perdagangan yang dilakukan Expert Trader / Trader Ahli. Sebelum kita masuk kebagian statistik portofolio, ada baiknya kita melihat contoh dari akun history / riwayat akun dari perdagangan pada bursa keuangan, berikut contohnya :

Pada gambar diatas adalah data mentah langsung dari akun trading metatrader 4, dan kita dapat melihat berapa profit dan minus yang terjadi selama perdagangan, tanggal transaksi dibuka dan ditutup, pada produk apa dan jumlah lot serta yang lain. Apakah dengan riwayat transaksi dasar tersebut anda dapat mengambil kesimpulan dari strategi yang digunakan Experts Trader / Trader Ahli itu?

Cukup sulit bukan?

Sekarang mari kita bandingkan jika menggunakan platform Social Trade, dimana sebelumnya Experts Trader / Trader Ahli Tersebut sudah mendaftarkan akunnya di Platform Social Trade, sehingga didapat statistik portofolio dari akun tersebut. Berikut contohnya :

Dari gambar statistik Portofolio diatas kita dapat melihat dibagian Deals Statistik, strategi yang dilakukan master trader tersebut,
sebagai contoh kesimpulan :

  1. Gain atau total keuntungan dari akun tersebut
  2. Besar modal dari akun tersebut (Deposit)
  3. Besar penarikan yang sudah dilakukan (Withdrawal)
  4. Persentase keuntungan transaksi (Win)
  5. Jumlah total transaksi, transaksi terbuka dan transaksi yang telah ditutup (Number of trades, open trades, closed trades)
  6. Statistik keuntungan Dari 7 kali transaksi, 6 profit dan 1 rugi (Profitable trades/Losing trades ratio)
  7. Rata-rata keuntungan transaksi yaitu $44.85 (Average profitable trade)
  8. Rata-rata kerugian transaksi yaitu -$2.62 (Average losing trade)
  9. Seberapa lama transaksi profit di tahan, dalam hal ini 6 jam (Average hold time of profitable trade)
  10. Seberapa lama transaksi rugi di tahan, dalam hal ini 2 menit (Average hold time of losing trade)

Dan banyak lagi point yang dapat kita lihat statistiknya sesuai gambar diatas, baik berupa grafik, ataupun laporan riwayat mentah dari akun tersebut.

Dengan adanya statistik portofolio ini kita dapat dengan mudah menentukan pilihan Experts Trader / Trader ahli, dan berikut ini tampilan statistik dalam bentuk grafik, dimana dapat dilihat di tab menu Profability, berikut contohnya :

Kesimpulan :
Platform Social Trade akan otomatis membentuk data statistik portofolio dari setiap akun yang di daftarkan, hal ini akan membantu seseorang untuk menganalisa metode perdagangan yang dilakukan pada akun tersebut. Dan ini sangat berguna untuk seorang follower yang ingin melakukan copy trading / fasilitas autosignal pada akun yang ingin diikutinya.